Sunday, October 25, 2015

ITB Integrated Career Days Oktober 2015

ITB Career Center kembali menyelenggarakan kegiatan akbar Titian Karir Terpadu ITB 2015 pada 23-25 Oktober. Titian Karir Terpadu ITB 2015 merupakan bursa kerja (job fair) terintegrasi, menggabungkan promosi, presentasi, pameran, dan aktivitas rekrutmen yang dilakukan perusahaan, dalam satu kesatuan yang diharapkan dapat memberikan manfaat maksimal bagi perusahaan mitra ITB dan alumni/mahasiswa ITB serta berbagai perguruan tinggi lainnya.

Oktober ini adalah kali kedua saya bergabung dalam panitia Titian Karir Terpadu ITB (TKT). Mahasiswa hanya berkesempatan ikut serta sebagai panitia sebanyak dua kali, jadi ini adalah yang terakhir buat saya. Pada kesempatan kedua ini, saya menjadi LO/Asisten Booth untuk PT. Coca-cola Amatil Indonesia. Berikut rangkuman tiga hari saya bersama orang-orang HR perusahaan tersebut.

Hari pertama (23 Okt) saya kenalan dengan Pak Andri, Mbak Annisa, dan Mbak Merry, ketiganya employee CCAI bagian HR. Saya ga ngobrol-ngobrol sama Pak Andri karena beliau mengamati booth dari jauh, dari bangku sabuga paling utara di bagian agak atas. Mbak Annisa lulusan Psikologi sedangkan Mbak Merry lulusan Teknik Kimia ITS. Jadi saya percaya kalau HR ga harus dari psikologi haha.

on hold

update 27 okt
btw ada yang kesel saya nge-hold post ini hahaha

Di TKT ini CCAI cuma promosi Graduate Trainee Program (GTP) batch 14. Ini program semacam Management Trainee gitu, jadi buat fresh graduate baik S1 maupun S2, kalaupun experienced, maximum 1 year. Selain itu, ada requirement GPA 3.00 dan fluent in english (written and verbal). Tiga requirement ini suka bikin pengunjung yang ga memenuhinya bereaksi yang bikin saya sedih dan merasa pokoknya saya ga boleh gagal di tahap awal karena udah tahu dari sekarang apa aja yang mesti dipersiapkan.

"D3 ga bisa ya kak?"
"Kalo pengalamannya 2 tahun ga bisa ikut?"
"Harus lancar bahasa inggris kak? Ditesnya toefl apa gimana?"
"Kalau 2.98 ga boleh?"
dan masih banyak lagi.

Jam istirahat siang Pak Andri pulang duluan sehingga tinggal kami bertiga. Terus agak sorean datang Pak Helmi. Beliau ini orang Bandung. Pak Helmi seru banget kalo ngejelasin dan ketahuan banget beliau memang orang yang udah jago menaklukan banyak manusia. Kadang yang beliau lakukan bukan menjawab pertanyaan tapi mengarahkan ke suatu action. Hebatnya, orang yang denger merasa pertanyaannya udah terjawab. Kata Mbak Merry beliau aslinya orang sales, pernah marketing dan HR juga. Pantesan semua kata-katanya menjual banget.

Oya Mbak Nisa lagi hamil, terus sore-sore beliau nanya tempat pecel ayam yang enak di mana. Saya ngarahin ke Stalon sih. Kayanya beliau ngidam wkwk. Sok tau ye.

Jam delapan malam saya ditanya Mbak Nisa besok TKT mulainya jam berapa, kayanya mereka mau jalan-jalan dulu malam ini. Eh bener ternyata kakak-kakak itu jalan-jalan ke Setiabudhi.

Hasil hari pertama: Nutriboost dan Ades

Hari kedua (24 Okt) mulai ketemu orang yang aneh. Beliau lulusan sebuah jurusan teknik di ITB angkatan 2011. Beliau ini cerita ke Mbak Merry kalau sudah submit GTP Application Form lewat email, tapi belum dapet respons. Biasanya respons Mbak Merry adalah "Diisi pake bahasa inggris kan? kalo iya berarti lagi diproses" kemudian percakapan selesai. Tapi abang yang ini berbeda.

Diketahui beliau daftar buat function Information Technology, padahal jurusannya ga ada hubungannya sama sekali. Sama Mbak Merry ditanya kenapa. Beliau bilang passion. Terus ditanya punya dasar programming apa engga, dia bilang ga ada. Di titik ini saya dan Mbak Nisa udah mulai lirik-lirikkan sambil senyum-senyum ketawa gitu. Mukanya pede ala anak ITB baru lulus yang bikin kesel gitu loh huft. Habis itu Mbak Merry menyarankan beliau untuk kirim ulang, dengan mengganti functionnya jadi Supply Chain karena lebih sesuai. Terus beliau mengiyakan.

Percakapan berlanjut ke hiring process-nya GTP itu apa aja. Sama Mbak Merry dijelasin, termasuk kalo semua proses pake bahasa Inggris. Eh tiba-tiba beliau ngomongnya jadi pake bahasa Inggris, dengan berapi-api. Lumayan lancar sih tapi pedenya itu ngeselin. Mulai ngomongin kuliah-kuliah yang beliau pelajari beserta penggunaan beberapa jargon yang membuat dia makin terlihat sosoan dan aplikasi apa yang bisa beliau lakukan di plant dengan ilmu yang beliau miliki. Saya sama Mbak Nisa mulai ga bisa nahan senyum dan akhirnya memilih untuk ga terlalu menyimak.

Beres si abang pamit. Saya sama Mbak Nisa tanya Mbak Merry ngomongin apa aja tadi. "Udah berasa on the spot interview gitu," kata Mbak Nisa.

Selang berapa saat, abang itu balik lagi hm. Kali ini membahas domisili yang dicantumin di form dan kenapa harus ditulis. Agak ga jelas sih tujuan dia bertanya apa saya udah ga ngewaro dan membiarkan Mbak Merry yang menaklukannya. Semangat Mbak Merry wuhuw.

Pas pengunjung sedang reda, kami ngobrol-ngobrol soal konvoi Persib besok Minggu. Terus cerita-cerita soal car free day isinya apa aja. Tiba-tiba ngomongin tempat makan enak yang harus dicoba oleh orang-orang bukan Bandung ini. Pak Helmi menyarankan buat ke tempat surabi di Cihampelas. Menurut saya tempatnya gelap jadi ga enak. Terus ya udah diskusi-diskusi tempat lain yang lebih asyik.

Sore-sore setelah saya sampai di tempat ngerjain TA, whatsapp dari mbak Nisa masuk, nanyain tempat surabi yang saya dan Pak Helmi bicarakan di booth tadi. Nunjukin jalan ke orang bukan Bandung susah juga ya, saya kasih patokan setelah SPBU Cihampelas jadinya. Untung dapat dimengerti.

Hasil hari kedua: Minute Maid Pulpy Aloe Vera dan Ades

Hari ketiga (25 Okt) pagi hari, Mbak Diah bawa Maicih level 10. Hayoloo ga kuat pedes tapi suka keripik pedes, godaan pagi hari macam apa ini. Iya saya luluh sama godaan macam ini. Dibantu Frestea Honey saya bisalah makan dikit-dikit meski harus disertai dengan air mata di pipi. "Idih ketagihan", komentar Mbak Nisa ketika saya bolak-balik nyemil diantara penjelasan tentang GTP ke pengunjung haha.

Udah ga nemu pengunjung yang aneh, ya paling pengunjung iseng-iseng doang tiba-tiba buka kulkas atau minta foto. Sisanya udah terwakili keanehannya di dua hari pertama.

Dari obrolan-obrolan selama jaga booth, ibu hamil ini ternyata sukses mengajak teman-temannya ke Waroeng Setiabudhi (pernah saya bahas di sini). Sama kaya saya, mereka ga abis makan satu porsi satu orang soalnya gede banget dan manis, "Masa empat ribu segitu (gedenya). Harusnya itu buat berdua atau bertiga," kata Mbak Merry.

Saya diperkenalkan pada postcrossing.com oleh Mbak Merry. Beliau ini hobi koleksi kartu pos. Di web ini kita bisa dapet alamat seorang member secara random. Setelah kita kirim kartu pos ke sana dan dia nerima, alamat kita akan dirandom sehingga nantinya akan ada orang yang dapet alamat kita terus ngirim kartu pos. Seru kan? Mbak Merry sudah mengirimkan 100 kartu pos dan dapet sekitar 96 kartu pos asyik banget.

Selesai istirahat siang Mbak Merry dan Mbak Nisa pulang. Banner dibawa dan flyer udah hampir habis jadi booth rasanya agak lapang. Hari ini saya kenal Mbak Diah lebih banyak soalnya kami tinggal berdua di booth. Mbak Diah lulusan Manajemen Universitas Andalas dan anak GTP 13. Oya, kalo Mbak Merry GTP batch 12. Senin besok Mbak Diah bakal presentasi ke bos bule gitu. Sepertinya ini jenis presentasi yang bikin Pratama heboh seminggu ini. Mbak Diah ga ikut pulang bareng Mbak Merry dan Mbak Nisa karena katanya nungguin saudaranya dari Jatinangor yang akan nyampe sini pas Maghrib. Terus sambil beliau chat sama seseorang di sisi satunya, beliau tanya "Hutan kota tuh di mana sih? Jauh ga?"
"Di sini, sini sini (saya menjelaskan pake gerakan tangan). Mbak mau ke Musca?"
"Iya diajak temen aku, ada payung teduh katanya", jawab Mbak Diah.
"Ih ikutan dong, aku cari temen nih ingin kesana tapi temen-temen aku pada ujian"
"Ayo bareng. Tapi payung teduhnya jam 9. Aku cuma sampe maghrib"
"yaah, gajadi deh kalo barengnya cuma sampe maghrib"

terus selang beberapa waktu, sambil beliau masih chat dengan mas di seberang sana
"kamu tahu Cokotetra di mana?"
"tahu, di dago da deket. Mbak mau kesana?"
"Iya temen aku ngajak ke sana"
"Hahahah, temen mbak seleranya kaya temen aku lah"

Iya selera temen Mbak Diah kaya Zuhditazmi. Jangan-jangan mereka sodara. Apa orang yang selera cafenya gitu selera musiknya begitu ya? Gatau deng ngarang.

Terus Mbak Diah pesen gojek buat ke Cokotetra. Saya gajadi ada temen ke Musca deh, berarti mau gamau kembali ngerjain TA hahah.

Hasil hari ketiga: Frestea Honey, Frestea Markisa, dan Ades




Mbak Diah, Mbak Nisa, Mbak Merry, Yusrina

Saya senang ketemu orang-orang baru. Apalagi kalo orang-orangnya seseru yang ini. Semoga ada kesempatan ketemu lagi. Di GTP 15 barangkali hahaha

0 comments:

Post a Comment